Thursday, December 22, 2005

Genmaicha


Sudah hampir sebulan ini kami berdua (kadang juga Iman ikutan) minum teh hijau Jepang (Japanese green tea, lihat gambar di atas) malam hari menjelang tidur saat santai nonton tv. Well, I'm not a big fan of tea... tapi iseng-iseng ikutan David nyoba teh hijau ini lama-lama jadi keasyikan juga . Beda dengan teh hijau lainnya yang agak pahit, yang ini rasanya rada "nano-nano" alias campur-campur dan paling terasa adalah rasa 'beras'nya. Ndak heran... soalnya teh hijau Jepang ini memang dikenal sebagai "Popcorn tea"...

The fresh vegetative character of the green tea is balanced with the toasted, nutty flavor of the rice. This tea is naturally sweet and refreshing. During the firing of the rice, it is not uncommon for the rice grains to ‘pop’ not unlike popcorn which is why it is often referred to as "popcorn tea".

[Asia Food Feature]


Katanya lagi dalam beberapa situs yang membahas tentang teh hijau Jepang ini, salah satu kelebihan dari Genmaicha adalah teh ini paling sedikit mengandung kafein dibanding dengan jenis teh hijau lainnya. Jadi dapat dijadikan minuman hangat kapan saja... termasuk pada malam hari menjelang tidur.

But you know what? Satu hal yang saya amati sejak minum Genmaicha pada malam hari (sebenarnya, sa ndak tahu apa itu relevan atau tidak ... tapi kenyataannya demikian), David tidak pernah lagi ngorok alias snoring lagi ... which is awesome! :)

Hayo, para penggemar teh hijau di luar sana... adakah yang tahu dan punya info untuk menjelaskan ini?

No comments: