Tuesday, October 05, 2010

Bila Anda Menyusui Bayi Anda...

Saya terjemahkan bebas dari artikel asli If You Nurse Your Baby... by Diane Wiessinger, MS, IBCLC

Menyusui bayi anda meskipun hanya sehari saja adalah hadiah terbaik yang bisa anda berikan kepada bayi anda. Memberi Air Susu Ibu (ASI) merupakan pilihan yang terbaik bagi bayi, dan apabila hal tersebut bukan merupakan pilihan bagi anda saat ini, panduan di bawah ini semoga bisa membantu anda.

BILA ANDA MENYUSUI BAYI ANDA MESKIPUN HANYA UNTUK BEBERAPA HARI
, bayi anda akan mendapatkan colostrum atau "ASI awal" dari anda. Dengan memberikan antibodi dan makanan yang diperlukan oleh tubuh 'baru'nya, menyusui berarti memberikan bayi anda "immunisasi" yang pertama dan termudah dan membantunya untuk dapat memudahkan proses dan sistem pencernaannya kelak. Menyusui adalah proses bagi bayi untuk memulai dan membantu anda pulih dari proses persalinan. Mengapa tidak menggunakan waktu selama di rumah sakit untuk mempersiapkan bayi anda untuk menjalani kehidupan melalui karunia dari menyusui?

BILA ANDA MENYUSUI BAYI ANDA SELAMA EMPAT HINGGA ENAM MINGGU
, anda telah memberikan kemudahan baginya menjalani masa paling kritis dalam kehidupan kanak-kanak bayi anda. Bayi yang lahir dan tidak mendapatkan ASI akan sangat mungkin terkena sakit dan harus dirawat di rumah sakit, dan seringkali memiliki masalah dengan sistem pencernaannya dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan ASI. Setelah 4 hingga 6 minggu, anda mungkin pula telah berhasil melalui masa sulit yang sering dialami pada awal menyusui. Buatlah target yang serius untuk menyusui bayi anda selama sebulan pertama. Hubungi La Leche League atau Konsultan Laktasi bila anda memiliki pertanyaan, dan anda akan berada di posisi yang lebih baik untuk memutuskan apakah anda memilih untuk melanjutkan memberikan ASI pada bayi anda.

BILA ANDA MENYUSUI BAYI ANDA SELAMA 4 BULAN
, sistem pencernaannya akan sangat "matang", dan bayi anda akan lebih mudah dan mampu untuk mentolerir bahan makanan yang asing bagi tubuhnya yang terdapat dalam susu formula. Apabila dalam keluarga anda terdapat riwayat semacam alergi, anda telah berhasil dengan baik mengurangi resiko bayi anda terkena alergi dengan menunggu selama beberapa bulan sebelum menambahkan zat lain ke dalam sistem pencernaannya. Dan memberikan hanya ASI selama empat bulan pertama kepada bayi anda akan memberikan kepadanya perlindungan yang tangguh terhadap infeksi saluran telinga selama setahun penuh.

BILA ANDA MENYUSUI BAYI ANDA SELAMA 6 BULAN
, akan sangat kecil kemungkinan bagi bayi anda terkena reaksi alergi terhadap susu formula atau makanan tambahan lainnya. Pada masa ini, tubuhnya kemungkinan telah siap untuk menerima dan mengelola makanan lainnya saat anda memutuskan untuk menyapih bayi anda. Memberikan ASI selama paling tidak enam bulan membantu memastikan bayi anda sehat selama setahun pertama kehidupannya, dan mengurangi resiko anda terkena kanker payudara. Memberikan ASI selama 6 bulan atau lebih akan sangat mungkin mengurangi resiko bayi anda terkena radang/infeksi saluran telinga dan kanker pada anak. Dan secara eksklusif, menyusui secara teratur selama 6 bulan pertama merupakan "alat" kontrasepsi alami yang efektif 98%, terutama bila masa menstruasi/haid anda belum 'kembali'.

BILA ANDA MENYUSUI BAYI ANDA SELAMA 9 BULAN
, anda akan melihat bahwa bayi anda tumbuh dengan perkembangan otak dan tubuh yang pesat melalui makanan yang sudah dirancang khusus baginya: air susu anda. Anda bahkan dapat melihat betapa bayi anda lebih waspada (alert) dan lebih aktif dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan manfaat dari ASI ibunya. Menyapih mungkin lebih mudah pada usia ini... tapi demikian pula dengan tetap memberikan ASI bagi bayi anda! Bila anda ingin menghindari menyapih awal, pastikan bahwa anda juga menyusui secara nyaman dan bukan hanya menyusui untuk memberikan bayi anda makanan.

BILA ANDA MENYUSUI BAYI ANDA SELAMA SETAHUN PENUH
, berarti anda telah berhasil menghindari mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli susu formula. Tubuh bayi anda yang berusia setahun sudah dapat menangani hampir semua makanan yang dinikmati oleh seluruh anggota keluarga yang tersaji di meja makan. Selama setahun menyusui bayi anda berarti telah memberikan banyak manfaat kesehatan selama hidup bagi bayi anda. Dia akan memiliki sistem pertahanan tubuh yang kuat, misalnya, dan sangat kecil kemungkinan memerlukan orthodonsi atau terapi berbicara. Persatuan Dokter Anak Amerika menganjurkan untuk memberikan ASI selama paling tidak setahun untuk membantu memberikan jaminan nutrisi normal dan kesehatan yang prima bagi bayi anda.

BILA ANDA MENYUSUI BAYI ANDA SELAMA 24 BULAN
, anda telah memberikan kepada bayi anda jaminan gizi lanjutan dan perlindungan terhadap penyakit yang umum diderita oleh balita. Bayi anda yang merupakan bayi ASI, kemungkinan besar juga lebih baik dalam menerima makanan tambahan. Dia dan anda selama masa tersebut telah menjalin hubungan yang sangat kuat - suatu titik awal yang sehat bagi perkembangan kemandiriannya kelak. Dalam masa ini, bayi anda juga telah siap untuk bekerja sama dengan anda untuk sukses dalam proses menyapih. Mantan US Surgeon General berkata, "Adalah bayi yang beruntung... yang mendapatkan ASI hingga umur 2 tahun." [AAFP statement on nursing until at least 24 months]

BILA ANDA MENYAPIH BAYI ANDA PADA SAAT DIA SIAP
, anda akan merasa yakin bahwa anda telah memenuhi kebutuhan fisik dan emosi bayi anda secara normal dan sehat. Pada beberapa budaya dimana tidak terdapat tekanan untuk menyapih, anak cenderung untuk menyusui setidaknya selama tiga tahun. Badan Kesehatan Dunia WHO dan UNICEF sangat menganjurkan untuk memberikan ASI selama masa balita: "ASI merupakan sumber energi dan protein yang sangat penting, dan membantu untuk melindungi bayi terhadap penyakit selama tahun kedua kehidupan anak."(1) Secara biologi, tubuh kita sudah dirancang khusus untuk menyapih di usia antara 4 hingga 7 tahun (2), dan hanya masuk akal untuk membangun tulang anak-anak kita dari susu yang memang dirancang khusus dan diperuntukkan untuk "membangun" mereka.


Air Susu Anda menyediakan antibodi dan berbagai bahan pelindung lainnya selama anda menyusui, dan anda akan melihat dan menyadari bahwa tagihan medis keluarga anda jauh lebih sedikit dibandingkan dengan keluarga yang memiliki balita yang tidak mendapatkan ASI. Bunda yang menyusui bayinya dalam jangka waktu yang panjang memiliki resiko kecil terkena kanker payudara. Anak yang mendapatkan ASI dalam jangka waktu yang panjang cenderung merasa lebih aman, dan sangat kecil kemungkinannya untuk memiliki kebiasaan mengisap jari atau membawa selimut.

Menyusui dapat pula membantu meringankan anda berdua melalui saat sulit di awal masa balita yang penuh dengan airmata dan tantrum (amukan bayi). Menyusui juga membantu dalam meringankan segala penyakit dan membuatnya mudah untuk ditanggulangi. Memberikan ASI merupakan alat multiguna bagi anda sebagai Bunda yang tidak ingin anda lewatkan. Jangan khawatirkan bahwa anak anda akan menyusu selamanya. Semua anak akan berhenti pada akhirnya, apapun yang anda lakukan, dan ketahuilah ada sangat banyak anak balita yang minum ASI dari pada yang anda bayangkan.

Memberi anak anda ASI selama sehari ataupun selama beberapa tahun merupakan keputusan yang
tidak akan pernah anda sesali. Dan kapanpun anda memutuskan untuk menyapih, harus anda ingat bahwa itu adalah merupakan suatu langkah besar bagi anda dan anak anda. Bila anda memutuskan untuk menyapihnya sebelum anak anda siap, pastikan bahwa anda melakukannya secara bertahap dan lakukan itu dengan cinta.

CATATAN KECIL DARI SAYA:

Beberapa waktu lalu saya membaca artikel di atas dari naskah asli yang dituliskan di blog peaceful parenting yang di-post oleh salah seorang teman saya sesama bunda di situs jejaring sosial facebook, dan langsung 'jatuh cinta'. Saya kemudian menulis komentar pada tulisan tersebut meminta izin dari penulis dan yang empunya blog untuk dapat menuliskan ulang artikel tersebut dalam bahasa Indonesia di blog saya agar kiranya saya bisa membagi informasi berharga tersebut kepada sesama bunda di Indonesia. Beliau kemudian membalas dan memberikan izin sepenuhnya dan meminta saya untuk me-link-back ke artikel aslinya untuk kemudian dapat pula dituliskan di sana. Thank you, DrMomma for letting me post this in here in Indonesian love struck

Foto di atas saya ambil dari arsip pribadi saya, pada saat untuk pertamakalinya saya 'bertemu' dengan Zahra, gadis kecilku, setelah saya melahirkan dia dengan c-section pada tanggal 5 Februari 2007 di Arlington, Virginia, USA. Sebelumnya, saya tidak pernah meng-ekspos foto saya menyusui Zahra, tapi untuk artikel ini dengan niat yang baik dan dengan meminta izin kepada Allah SWT saya membaginya buat para Bunda... sayangnya foto tersebut harus saya cropped karena saya tidak memakai kerudung pada foto tersebut, tapi anda bisa membayangkan bahwa wajah saya sangat bersinar bahagia, senyum yang tiada pupus dari muka sejak saya melahirkan Zahra, masyaAllah! Benar kata artikel di atas... kebahagiaan memberikan ASI kepada anak merupakan karunia yang tiada pernah akan anda sesali. Sesuatu yang akan anda ingat selamanya... dan bahwa titipan dari Tuhan ini adalah sesuatu yang tiada dapat diukur dengan apapun dan bahwa bila anda menyusui bayi anda, anda telah memberikan yang terbaik yang telah dititipkan Tuhan kepada kita para Bunda. ASI is the best!!!

Oh iya, cerita pengalaman saya dalam memberikan ASI pada Zahra (sejak dia lahir hingga berumur 2 tahun 3 bulan) pernah saya tuliskan di SINI


1 comment:

marnie arianto said...

Wah akhirnya....thanks infonya ka' yaty.seperti biasa apdetan ta' selalu informatif. Btw sudah hampir seminggu ini saya menyapih Jiro anakku yang sydah umur 2 tahun satu bulan, rasanya ada yang hilang..kalau nda kasi asiki kodong, kalau mau tidur bapaknya yang kelonin karena kalau ada saya past mau nete'. Jadi saya keluar dulu, setelah dia tertidur (yang sebelumnya ngamuk2 minta tete') baru saya masuk. Tapi tadi malam karena nda tahan dia liat dia nagnis memohon minta asi dan juga karena dia lagi pilek, tumbang pertahananku ka' jadinya saya kasi. Mulai dari awal lagi hehehe tapi alhamdulillah dia makannya baikji itu juga salah satu pertimbanganku nyapih dia. :)