Monday, June 05, 2006

Lima Juni

Tanggal 5 Juni... Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
Untuk ketigakalinya sejak jadi kuli di KLH, saya memperingati hari penting ini tidak dengan teman-teman di kantor. Dua tahun di Toronto (2000 dan 2001) dan tahun ini...

Tanggal 5 Juni... Hari pertama "hijrah"ku di negeri Paman Sam... setahun lalu.
Meninggalkan Makassar, kota kelahiran dan tempatku dibesarkan pada tanggal 5 Juni tahun lalu bukanlah hal yang mudah. Apalagi harus berpisah dengan Ibu dan Ayah, dan orang-orang tercinta, sanak keluarga, sahabat dan teman... mengucapkan selamat tinggal dengan pekerjaan yang sudah 8 tahun lebih saya jalani... tercabut dari lingkungan yang selama ini "membentuk"ku... untuk bisa bersama dengan keluarga baruku, "pakaian"ku yang tercinta... di negeri "antah berantah" ini.

Serasa masih kemarin saja. Jalan panjang dari satu belahan dunia ke belahan dunia lain seorang diri berbekal dua koper berukuran sedang (I like to travel light), diantar Ibu dan Ayah ke Mandai (ah, klo ingat ini rasanya sediiih sekali. But... I'm taking them with me, all the time! Darah yang mengalir di tubuhku adalah darah mereka berdua... tak ada yang bisa melepaskan cinta dan kasih Ibu dan Ayah kepada saya!). Transit di Jakarta... urus fiskal dan menunggu pesawat hingga sore. Transit di Taipeh (Taiwan) tengah malam menuju San Fransisco.

Menginjakkan kaki di "bumi baru"ku, tiba sore hari di San Fransisco... masih tanggal 5 Juni. Melewati imigrasi... paperworks... lewat beacukai atau custom saya tinggal melenggang karena memang tidak bawa apapun yang perlu saya declare. Keluar dari pintu menuju ruang tunggu 'kedatangan', saya mulai cemas karena diantara wajah-wajah didepanku tak satupun yang kukenal... tidak ada my David... ataupun Mom and Dad yang katanya juga akan menjemput. Setelah "beredar" agak lama (pesawatku tiba di SFO bersamaan dengan tibanya 4 pesawat besar lainnya... suasana di ruang kedatangan memang agak hectic), saya lihat sosok yang saya kenal lewat foto berdiri memandangi monitor tv yang memantau penumpang yang keluar... ah, itu dia ayah mertuaku. Oh... disampingnya ada Mom (yang baru juga kenal lewat foto)... dan... itu dia, duduk sambil melipat tangan memandangi satu-satu orang yang keluar dari pintu sebelah kanan (saya keluar dari pintu sebelah kiri -- yang mestinya kelihatan lewat layar monitor, hehehehe... ternyata Dad bisa juga missed padahal saya satu-satunya penumpang yang keluar dengan memakai jilbab ;) ). Saya peluk dia dari belakang... Aaaaahhh, akhirnya!!! 9 bulan bukan waktu yang pendek untuk berpisah dengan 'sang separuh jiwa'!

Mom memberikan hadiah "Benjamin"... yang berlaku sebagai "padduppa" (ini tarian Bugis menyambut tamu)...
"Welcome to the United States of America!"

benjamin


************************
Hari ini, 5 Juni... Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Teman-teman di kantor bikin apa ya?

Hari ini, tanggal 5 Juni... saya dan David menghabiskan siang dengan Liam, Holli, dan Mari yang dalam perjalanan mereka pulang kembali ke NC dari PA.

Ah, setahun sudah... rasanya baru kemarin saja...


2 comments:

Yati said...

met setaon di negeri sana...salam hangat dari jauh buat kk dan buat "separuh jiwa kk"...

rara said...

wah selamat hari lingkungan hidup sedunia :P

eh kalo mo mudik, asal bilang-bilang, pasti kami sambut kok. pada lagi belajar untuk jadi eventorganizer yang baik hahahaha..

nah pas laporan mudiknya itu sekalian diinfokan, mau bikin kopdar dalam bentuk apa? :D