Friday, November 03, 2006

26 minggu...

Time flies. Today we went to see Dr. Fauzia for routine check up. So far, so good... alhamdulillaah. I'm now 26 weeks 1 day pregnant, which means... 97 days to go! However, both me and the doctor got surprised how much weight I gained these past 5 weeks! Yeah... yeah... yeah... I know, I know... but am I really battala'? I mean... unproportionally, as 26 weeks along pregnant woman?

Setelah ukur mengukur lewat ultrasound, dokter memperlihatkan grafik perkembangan bayiku dan membandingkannya dengan perkembangan rata-rata bayi dengan usia LMP 26 minggu.

She's bigger than the average, kata dokter. Hhhmmm... *khawatir mode on*.
Saya langsung menyela: Me? (dalam hati: uh, bilang memang tong battala'!)
No, it's not you... it's the baby... she's bigger than the average!

Uh oh...

Tapi segera setelah mengatakan itu, dokterku yang cantik itu tersenyum dan menenangkanku kalo semuanya baik-baik saja. Bahkan selama berada di ruang periksa, bayi kami tidak berhenti bergerak aktif seakan ingin membenarkan dan menenangkan hatiku: "Hoy Bunda... baék-baék ja' di sini!". Hee hee... jadi senyum sendiri... lucu membayangkan anakku berbicara dengan dialek Ujungpandang seperti itu .

Eh, menurut BabyCenter, begini ini kira-kira gambar perkembangan bayiku sekarang... Subhanallaah, it's amazing!

Fetal Dev 26 weeks

Perkembangan bayi usia 26 minggu LMP (www.babycenter.com)


Setelah pemeriksaan dan diskusi dengan dokter (ini yang paling saya dan David suka dari dokterku... beliau selalu menyempatkan waktu untuk berdiskusi dan sangat telaten serta sabar menjawab semua pertanyaan-pertanyaan saya), saya diberi pengantar ke lab untuk glucose screening test some time next week dan diminta oleh dokter untuk datang periksa lagi 2 minggu dari sekarang. Mostly untuk mendiskusikan hasil lab nanti, entah itu hasilnya positif -- na'uudzubillaahi min dzaalik -- ataupun negatif -- insya Allah... untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya. Meskipun salah satu tanda dari gestational diabetes itu adalah ukuran bayi yang besar (di atas rata-rata), dokter Fauzia juga menekankan kalo bisa saja bayiku "besar" untuk ukuran 26 minggu bukan karena karena gestational diabetes tapi memang karena besar saja. Amiiiiiiiiiiiin!!! Doakan ka' nah...

26 weeks 1 day
Sebelum berangkat ke dokter, foto dulu... . Untuk ukuran hamil 6 bulan, kelewat besar (baca: battala') kah saya?


Dua minggu lagi, usia kehamilan saya akan memasuki masa trimester terakhir (3rd trimester: 7-9 bulan). Sepanjang trimester kedua ini, keluhan terbesar saya adalah heartburn dan indigestion hampir setiap hari! Awal-awalnya saya betul-betul merasa "merana", tapi setelah baca sana sini dan praktekkan cara untuk "mengurangi" (karena katanya memang cuma bisa dikurangi, tapi tidak bisa dihilangkan sama sekali!) ketidaknyamanan, alhamdulillaah... saya jadi sedikit terbantu (and thanks to TUMS! to ease my heartburn, hee hee... kayak iklan saja).

Doakan kami ya... semoga baby Z (insya Allah, kalo bayinya perempuan, akan kami beri first name, nama dengan inisial "Z" -- baca: Zee atau Zi) dan Ibunda sehat-sehat selalu... Amiiiiiin...


6 comments:

Mommy said...

Tidak terasa sebentar lagi baby Z bisa lihat ayah bundanya :) semoga semuanya lancar-lancarji.. amin..
Thanks juga do'anya for my b'day, no telp rumah nanti sy e-mail lagi ok ;) salamku untuk Daeng.

jonquilles said...

Masha Allah how much time flies. Yaty tidak battala'ji deh, tapi perutnya ji yg kelihatan battala'. Tidak papaji babynya besar yang penting sehat ji. Semoga selalu diberi kemudahan dan semuanya berjalan lancar. Hmm baby Z,saya lagi mengira2 kepanjangannya.

Yaty Yasir said...

Liza --> Amiiiiiiiiin! Iyo cess, jangki' lupa selalu kodong doakan ka' apalagi sekarang ini mulai ma' stres pikir tentang labor nanti *nékkéré' mode on*.

Kapan kirim nomor telepon? Kebetulan sa pake' VOIP yang gratis telepon ke US dan Canada (hehehe... nyammanna!!!)

Miya --> Iyo di'? ndak "terlalu" battala'ja' (menghibur diri, hahaha!). Memang toh ini perut sudah mappattabék duluan mi kalo saya jalan. Tapi kalo jalan dengan David dan Iman, masih tetapja' saya japrut (jappa paruntang. Ha!) dibanding mereka... saya masih lebih kuat jalan, hehehe.

Amiiiiiiiin... atas doa ta'. Ini baby Z kirim salam sayang bédéng sama Tante Miya (dia lagi hobby main déndé-déndé di dalam sampe Bundanya sering sekali terkaget-kaget, hee hee). "Z" itu inisial gelarnya putrinya Rasulullaah, Fathimah *wink*. Harapan Ayah dan Bundanya semoga bisa cantik, pintar dan salehah kayak Fathimah, insya Allah!

jonquilles said...

Tidak sabar mo lihat ki baby Z. Insya Allah tebakanku benar ttg kepanjangan inisial "Z". Itu yang langsung ada di dlm pikiranku waktu saya baca ttg "Z". Mudah2an kelak tumbuh menjadi harapan ayah bundanya. Jadi buka kartu dong kalau dia cewek hahaha.

Yaty Yasir said...

Hahaha! Kata dokter memang kemungkinan besar cewek... tapi bisa saja bédéng yang nongol cowok karena sembunyi ki "itu"nya pada saat ultrasound. Wallaahu a'lam... yang penting lahir sehat walafiat... dan tidak bikin susah Bundanya insya Allah ;)

Auliah said...

Kak Yati laki perempuan sama ji yg penting sehat2 ki dan juga bayita Insya Allah