Thursday, May 04, 2006

Tamu dari Makassar... eh Sydney :)

Yep! Selama beberapa hari, our home sweet home kedatangan tamu dari Sydney: Kakak Rohani Ambo Rappe. Kak Nani (begitu doi biasa dipanggil) ini 'anak sekolah' yang lagi ambil Ph.D program di salah satu universitas di Australia dan lagi "jalan-jalan" ke US dalam rangka mempresentasikan makalahnya pada konferensi yang diselenggarakan di CCMIT di Linthicum Heights (dekat Baltimore, MD) awal minggu lalu. It's been ages since last time I saw her! Mungkin terakhir kali ketemu sebelum tahun 1999 sebelum saya berangkat sekolah dan doi juga sekolah ke Bogor. Sejak dari Unhas pun kami sudah kenal baik (Kak Nani setahun lebih senior dari saya)... bahkan sama-sama dari kampus SMADA di BajiGau (oooohhh... SMA-ku!). Trus, di fakultas tempat doi mengajar juga sama dengan Kak Ina (my oldest sister) yang juga lagi jadi 'anak sekolah' di Australia.

Senangkuuuuuuuuuuuuuuuuuu! Ceritanya, beberapa bulan lalu saya terima email dari Kak Nani lewat mailing list (tak resmi)-nya Unhas (unhas-ml@yahoogroups.com) yang memberitahu kalo doi mo berkunjung ke DC metro area. Wow!!! Senangku' kawé! Kita mulai mi bolak-balik kirim berita untuk atur dan bikin rencana kalo Kak Nani datang. Hari Rabu minggu lalu, kami bertiga (saya, Iman, dan David) jemput doi dari tempat konferensinya di Linthicum Heights. Weits, lumayan jauh juga... manalagi kita jemputnya pas rush hour waktu orang-orang pulang kantor tinggalkan DC menuju arah utara ke Baltimore. Ketemu Kak Nani seperti mimpi saja. Mulai mi keluar pi ji ki' mi... dst yang sudah hampir setahun saya gudangkan karena tidak bisa dipake' disini (kecuali kalo lagi bicara di telpon dengan orang-orang tercinta di Makassar). David dengan Iman cuma senyam-senyum... karena tidak mengerti, hehehehehe.

Besoknya, hari Kamis sampai hari Sabtu kami berdua (kecuali hari Sabtunya, David ikutan) jadi turis jalan ke downtown DC. Mulai dari US Botanic Garden, The Capitol, The National Mall dan Memorial Parks (WW II Memorial dan kawan-kawannya kayak Vietnam War and Korean War Memorial), Washington Monument (yang kata Iman: "giant pencil"), Lincoln Memorial, (and yessss!) the Smithsonian's (super-d duper gorgeous all FREE) Museums, the White House (yang cuma beberapa blok dari kantornya David... jalan kaki ndak sampe' 10 menit), , dan tidak ketinggalan tempat makan yang rasanya susah untuk tidak di-ekspose ke Kak Nani, hehehehehe. Kita kemana-mana naik metro train (subway) dan bus. Hari Sabtu Malam, Kak Nani jokka sendiri ke New York City (dasar preman! hahahaha!) naek Amtrak train. Maunya saya ikut juga... tapi ndak dikasih izin sama Bapak Om David (padahal mo tongki' jadi preman di NYC gaaaaaaaaaaang!!!! *sigh*). Hari Selasa, Kak Nani balik dari NYC dan siap-siap packing untuk balik ke Sydney (mo ki singgah dulu di LA selama 3 hari sebelum ke Sydney... wédédéh, betul-betul preman! hahahaha!).



Kak Nani di DC metro area. Searah jarum jam dari pojok kiri atas: dengan Iman di balkon apartemen kami; dengan David yang lagi goofy nunjuk ESPRSSO; berfoto di the reflecting pool dengan latar belakang "the giant pencil"; dengan Yaty waktu makan malam sebelum tinggalkan east coast di tempat makan kegemaran saya dengan David "Saigon City, Vietnamese Restaurant" di Springfield (Fairfax, VA). Kami makan "bakso urat ala Vietnam", Pho Bo Vien


Pokoknya, I really had a GREAT time with her when she's here. Kita juga catching up dengan banyak cerita... mostly tentang kampung Ujungpandang (sekedar info, saya lebih suka pake' nama "Ujungpandang" biar tidak bingung dengan Makassar sebagai etnis dan bahasa), tentang almamater (dengan segala ke-UNIK-annya), dan gossip seputar kehidupan kami berdua. Weits, jangan berburuk sangka dulu... gossip disini yang bagus-bagus ji gang! Saya bilang sama Kak Nani kalo pasti itu orang-orang pada bertanya bagaimana kehidupan Yaty di sana dengan suaminya yang bulé (hehehehehe) dan 'anak ketemu gédé-nya... sa bilang: liat mi, begini mi aslinya hidupku disini.

I am happy... alhamdulillaah... I am happy...

Truuuus... hari Rabu, saya antar Kak Nani ke Union Station untuk ambil MARC train ke Baltimore untuk selanjutnya naek shuttle (train or bus?) ke BWI Airport.

"Kak Nani, baék-baék ki' di jalan nah! Salam buat Kak Karim dan anak-anak (Angga dan Rara). Dan sampai ketemu di Makassar (Kak Nani selesai mi tawwa sekolahnya tahun depan), insya Allah, tahun depan kalo saya mudik... Thanks for visiting us... it's an honor having you here!"

2 comments:

ina said...

Ty, jadiki ko kirim buku ku lewat Nani?

Anonymous said...

Hai saya idrus (idrus_mudeng@plasa.com) di makassar, eh k' Nani yang di artikel ta' kakaknya temenku' boleh nda' minta alamat e-mailnya. temenku itu namanya Isdar AR (eno_ar7@yahoo.com).