Monday, November 13, 2006

Such a long day!

It was such a loooooooooooong day today! I finally got my second glucose screening test at the QuestDiagnostic lab in Shady Grove (about 7 minutes by car from our little house) this morning. It wasn't really a pleasant time... as you know (from my previous postings) that I'm not a big fan of doctors, hospitals and labs, especially if it involves needles and blood work! *hiks*. But I guess I don't have any choice, do I? This is a very important test to rule me out of gestational diabetes and pre-eclamsia... so like it or not, I HAVE to take the test .

Banyak pertanyaan dan kekhawatiran yang memberatkan pikiranku sejak semalam: Berapa banyak tabung/vials darah lagi yang akan diambil kali ini? Apakah saya bakal mual-mual dan insyaf (baca: pingsan) lagi seperti waktu tes glukosa pertama dulu itu? Bagaimana kalo benar saya menderita gestational diabetes ataupun preeclamsia seperti yang dialami sahabatku Oyen? Kasihan juga Daeng-ku... he tried his best to calm me down. It's driving him crazy to see me all worry like that. "You and baby Z are gonna be just fine... insha Allah", katanya.

Udara yang agak dingin dan hujan yang mengguyur sejak malamnya bikin ka' tambah stress. Kami tiba di lab jam 7:50 dan langsung mendaftar. Hhhmmm... sepagi ini pun lab sudah mulai penuh, kurang lebih sudah ada 7 orang sebelum kami. Lain dengan lab QuestDiagnostic yang biasa kami datangi di Alexandria dulu, yang ini front desk dan phlebotomist (= One who draws blood for analysis or transfusion)-nya orang Asia dan sangat ramah. Alhamdulillaah... paling tidak keramahan mereka tersebut membuat saya sudah merasa agak "nyaman". Tapi, blum lagi giliranku untuk "di-eksekusi", David dapat pemberitahuan/panggilan darurat dari kantor kalo salah satu server tidak berfungsi (down). Meskipun sudah minta cuti sepanjang pagi hingga siang khusus untuk menemaniku ke lab, mau tidak mau dia harus balik ke rumah dan menangani masalah tersebut. Namanya juga "emergency". *hiks* But what about me? Dengan janji akan kembali segera setelah membereskan segala urusan dengan server yang 'down', David pulang ke rumah meninggalkan saya sendiri di ruang tunggu lab. Sambil mengelus "rumah sementara"nya baby Z, saya berbisik dalam hati "ndak 'papa ya, Nak... kan ada Z yang temani Bunda", mencoba menenangkan diri. Tak berapa lama, namaku pun dipanggil. Bismillaah!

Pengambilan darah pertama di lengan kanan. Alhamdulillaah... lancar. Jadi ingat pengalaman dulu... sampe' ditusuk 3 kali baru "ketemu" . Empat tabung/vials terisi dengan cepat dan tanpa kesulitan sama sekali. Untuk keperluan urinalysis, saya serahkan sampel ke front desk. Next, minum jus glukosa yang super manis dan harus habis dalam tempo 5 menit. Here we go again! Menunggu sejam untuk ambil darah lagi. Tapi, baru sekitar 40 menit setelah minum minuman glukosa itu, I started to feel sick and it seems like I was about to faint. Untungnya, David muncul... paling tidak kalo pun pingsan ada tempat nyender. Satu jam lewat... alhamdulillaah... dengan masih agak terhuyung-huyung, saya menuju ruang tempat pengambilan darah sendirian. Dengan gaya gagah berani (hee hee), saya tolak tawaran dia untuk menemani, padahal selama ini saya tidak pernah diambil sampel darah tanpa ditemani David. Hhhmmm... kali ini phlebotomist-nya lain dari yang pertama... dan agak "galak" alias sakkang. Tak apalah... saya juga sudah pasrah. Kali ini, lengan kiri yang jadi "korban"... karena lengan kanan bekas pengambilan darah pertama masih lebam dan agak ngilu. Satu tabung saja. Aneh (tapi menggembirakan), rasa mual dan berasa hendak pingsan itu tiba-tiba saja hilang. Saya keluar dengan senyum lebar ke David yang menunggu dengan muka cemas di ruang tunggu. Then... another one hour waiting... sambil main Animal Crossing: Wild World dengan Nintendo DS yang memang saya bawa dari rumah . Tapi 30 menit kemudian, rasa mual muncul lagi. Kali ini lebih hebat... bahkan saya "harus" setengah berlari ke washroom untuk mun-mun (meski hanya sedikit -- well, semalaman puasa trus isi lambung cuma jus glukosa itu -- tapi rasanya legaaaa!). And then... the last one. *whew*. Tiga kali darahku diambil pagi ini, tiga phlebotomist yang berbeda menangani, hehehe. Yang terakhir ini, lengan kiri lagi yang kena eksekusi *hiks*.

Pulang ke rumah, laparnyaaa astaghfirullaah! Saya menghabiskan waktu seharian dengan istirahat (baca: bermalas-malasan) di rumah. Alhamdulillaah... eventhough it's such a long and tiring day, rasanya puas dan senang karena semuanya berjalan dengan baik. Tinggal menunggu hari Jumat mendatang, ketemu dokter lagi dan mendiskusikan hasil pemeriksaan lab hari ini. Hopefully, hasilnya negatif (for gestational diabetes)... dan baby Z serta Ibunda sehat wal-afiat menghimpun semua energi dan kekuatan dari Allah untuk menghadapi hari "H"nya nanti. Amiiiiiiiin!!!

"Insya Allah, kita berjuang sama-sama ya, Nak?
Ibunda loves you so much... always!"

2 Comments:

Blogger DuaEs Mommy said...

Mudah-mudahan hasilnya test-nya menggembirakan, sy juga alergi yang namanya jarum suntik dan teman-temannya, tapi maumi diapa.. bersakit2 dahulu bersenang2 kemudian ;)

November 15, 2006 4:44 PM  
Blogger Yaty "BundaZahra" Yasir said...

Amiiiiiiiiin! Thanks, Liz. Hoy, itu nomor telepon brapa, Bu? Sa tunggu-tunggu tongmi... pasti ki' lagi sibuk ini blah. Eniwei, kirim ki' nah...

November 15, 2006 5:10 PM  

Post a Comment

<< Home

Lilypie 1st Birthday Ticker