Sunday, December 10, 2006

Ayo membaca!

Satu lagi yang bikin kami merasa beruntung bisa mendapatkan rumah di kawasan perumahan tempat kami tinggal sekarang ini adalah karena tempatnya sangat strategis hanya beberapa blok dari pusat kota Rockville (town hall, court house), termasuk perpustakaan!!! Hehehe... library atau perpustakaan memang adalah salah satu tempat favorit saya dan David . Dulu waktu masih di Alexandria, saya "macinna" (ngebet) sekali menjadi pengunjung setia perpustakaan, tapi karena letaknya yang agak jauh dan "tanggung" (naik bus terlalu dekat, dan kalo jalan kaki bisa pegal bolak-balik karena berbukit), niat tersebut tidak pernah kesampaian.

Setelah pindah ke kota Rockville, niat itu tertunda lagi karena perpustakaan kota dipindah-lokasikan ke kawasan town center yang baru. Dan alhamdulillaah, beberapa minggu lalu Rockville Montgomery County Public Library yang merupakan perpustakaan terbesar yang ada di Montgomery County dibuka.

Rockville Town Square, whose first building opened in late fall 2006, is home to the Rockville Library, the largest library in the Montgomery County system.

Jadilah hari Sabtu kemarin, kami bertiga (saya, David, dan Iman) menghabiskan siang dengan berkunjung ke perpustakaan tersebut.

And, I was sooo amazed! Perpustakaannya cantik dan tidak terkesan "dark". Tahu sendiri kan stereotype perpustakaan sebagai tempat yang lembab (damp), "kering" (tidak menarik, maksudnya), dan kayak kuburan (hee hee). Yang ini malah lebih mirip seperti toko buku yang ditata untuk tempat hang-out dengan interior yang membuat kita merasa nyaman untuk membaca... ataupun sekedar untuk berada di dalamnya (foto interior perpustakaan bisa dilihat DI SINI).

Jadi bermimpi... kapan ya di tanah air bisa ada perpustakaan cantik seperti ini? Bukankah semuanya diawali dengan mimpi dulu? Insya Allah... maybe some day...

Kemudian, saya dan David saat itu mendaftar sebagai anggota dan dengan proses yang sangat singkat kami berdua mendapatkan kartu perpustakaan yang bisa langsung dipakai pada saat itu juga dengan biaya GRATIS! Aduh, rasanya senaaaaaaang sekali dapat kartu perpustakaan seperti kayak dapat hadiah besar, hehehe.

Akhirnya!!!... bisa membaca (lagi) tanpa harus ke toko buku dan mengeluarkan duit buat beli buku. Speaking of books, sebenarnya koleksi bukuku di Makassar cukup banyak, mulai dari novel, buku-buku tentang Islam sampe' buku literatur mengenai manajeman, lingkungan (environment) dan kelautan (marine science). Semua masih tertata rapih di rak buku buatan Ayah dan K'Lallang (kakak iparku) di kamarku di Makassar dan blum ada yang sempat saya bawa kesini (waktu "hijrah", bagasi terbatas... apalagi buku satu dua saja yang dibawa sudah berat). Saya memang berniat kalo mudik tahun depan akan mengemas semua buku-bukuku dan mengirimnya lewat pos lambat (jalur laut) ke Rockville. Ugh, I miss my books!

Oh ya, untuk kali pertama ini saya pinjam 4 buku (satu buku tentang olah tubuh yoga selama masa kehamilan yang dalam status "on hold" karena masih dipinjam orang lain), satu buku tentang pregnancy, sedangkan dua lagi novel. Sekarang lagi mulai dengan Shadow of the Wind yang merupakan novel bestseller The New York Times yang dialihbahasakan dari bahasa Spanyol dengan judul asli La Sombra del Viento. I'm so excited... lama sekali tidak baca novel. Terakhir saya baca The Kite Runner yang juga merupakan novel terlaris New York Times berbulan lalu... dan puas rasanya karena menurutku novelnya bagus sekali! Hopefully, this one too! Well, we'll see. So far, memang ceritanya menarik .


Sampai sekarang saya tidak bisa mengerti klo Iman membaca cuma 30 menit dalam sehari hanya karena itu pe-er (pekerjaan rumah). Tidak henti-hentinya saya poté-poté (= ngomel... "ceramah", hee hee) ke anakku itu. You should not take reading as an obligation... it is supposed to be a need. Reading is supposed to be for fun (= Seharusnya kamu tidak menganggap membaca sebagai suatu kewajiban... melainkan sebagai suatu kebutuhan. Membaca itu seharusnya suatu kesenangan atau untuk bersenang-senang).

Yes, reading is supposed to be for fun. Reading should be fun. Rasulullaah SAW saja wahyu pertama yang turun ke beliau disuruh membaca. Iqra'!!! Bacalah...

So tunggu apa lagi... Let's read!

3 comments:

Anonymous said...

Dear Yati..
bicara tentang perpustakaan..di desa kami mobil perpustakaan itu datang 2x seminggu. Mobil khusus yang di lengkapi dgn segala macam pernik2 mulai dari buku anak2 sampe bank u/ ambil duit en beli karcis bus. Anak2 sekolah setiap minggu mengunjungi mobil perpustakaan dan mereka boleh pilih sendiri buku apa yg mereka mau dibacakan or self reading. It's very nice systeem to learn your children to love books. U/ sekolahan gratis..en u/anak2 sampe 18 thn jg gratis. Kita cuman bisa saja mendoakan agar di indo nantinya syteem spt ini bisa di realisasikan terutama buat SD/SMP/SMA. Kapan yach..
How're you doing? And what's your new phonenr???
Veel liefs en groetjes..Della

Lusi said...

thanks Mbak sdh sharing ceritanya ttg perpus di sana;-) I know reading should be fun tp kadang-2 Lusi suka kumat nih malesnya *blushing.mode*

Adink said...

Soal Perpustakaan cuma ada tiga di memoryku.

Pertama Perpus sekolah waktu SMP, gara-garana kecantol sama buku Winnetou-kepala suku Indian Apache, Kedua Perpus Telkom di Pettarani karena tugas sekolah dan Ketiga Perpus Daerah yang di Tala Salapang karena mo namatin Komik Kungfuboy.

btw, Kalo gramedia bisa dihitung nda? :)