Friday, December 22, 2006

Selamat Hari Perempuan

Di tanah tumpah darahku, setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Banyak sekali yang salah kaprah dengan menyamakan konsep Hari Ibu dengan Mother's Day yang diperingati di "barat" pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Padahal menurut sejarahnya, Hari Ibu ditetapkan sebagai peringatan terhadap pelaksanaan Kongres Perempuan (Indonesia) yang pertama yang diadakan pada tahun 1928 yang berkaitan dengan upaya mengikutsertakan perempuan Indonesia secara aktif dalam kegiatan/perjuangan memperoleh kemerdekaan... dan tidak ada hubungannya dengan "hari penghargaan terhadap ibunda" kita.
Tapi kemudian, 'salah kaprah' tersebut merupakan salah kaprah yang manis... paling tidak ada hari di mana kita kembali introspeksi betapa tak ternilai apa yang telah Ibunda berikan kepada kita. Sedangkan menurut pendapatku, penghargaan terhadap kasih sayang, cinta dan jasa Ibunda terhadap kita bukan dinyatakan dalam satu hari dalam setahun saja... tapi setiap waktu. Seperti Rasulullaah shollallaahu 'alayhi wasallam bersabda:
"Al-jannatu tahta aqdaam al-ummahaat"...
Surga berada di telapak kaki para Ibu
Hari ini, tanggal 22 Desember 2006... saya mengucapkan selamat kepada sesamaku, kaum perempuan Indonesia, bukan hanya yang ber"status" sebagai ibunda, tapi juga kepada anak perempuan, nenek, buyut perempuan, perempuan karir, ibu rumah tangga, dan seterusnya...
Viva Perempuan Indonesia!
Selamat Hari Perempuan...
Jaya dan bersinar-lah dirimu di manapun engkau berada

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Iya sih, kalau international mother's day emang minggu kedua bulan Mei hehehe.. dan kalo ga salah faterh's daynya minggu ketiga bulan Juni kan?

Tapi ga pa pa.. mo Woman's day mo Mother's Day singkamma tonji toh :D toh seorang perempuan pasti dipanggil "ibu" biar yang belum jadi ibu betulan hehehe..

So.. k Yati..
Happy soon-to-be-a-mother's day nah :D

December 22, 2006 10:24 AM  
Blogger | A | d | i | N | k | said...

Selamat buat semua wanita..
Yang dengan kemisteriusannya tetap saja mempesona.

Womans rulez! :)

December 22, 2006 10:59 PM  
Blogger Jonquilles said...

Yaty apa kabar? Aduuh benar2 saya lupa ki waktu hari ibu. Dasar memang tong haa. Padahal hari itu kami on the way ke rumah mertua, sempat ji juga kirim sms ke rumah tp bukan krn hari ibu. Malam ini kami baru pulang dan buka internet, baru sadar kalau saya lupa ki hari ibu.

Biar terlambat selamat hari ibu nah.

December 28, 2006 6:50 PM  

Post a Comment

<< Home

Lilypie 1st Birthday Ticker