Thursday, December 21, 2006

Treasure the Chesapeake!

Hampir tiga tahun yang lalu sewaktu saya mengabarkan "my great news" that I met someone special dan berencana hijrah ke (Washington) DC area ke Pak Dadang (beliau ini supervisor saya semasa kuliah undergrad dulu... sekarang menjabat sebagai Pembantu Rektor II Universitas Hasanuddin), reaksi pertama beliau setelah mengucapkan selamat adalah "godaan" kesempatan untuk nyambung sekolah lagi. Kata beliau, (kira-kira seperti ini): "Yaty, itu kan (Washington DC area) tempatnya estuari terbesar di dunia! Program Kelautan (Marine Science)nya dalam pengelolaan watershed alias DAS (daerah aliran sungai) dan estuary-nya sangat bagus! Kalo butuh rekomendasi untuk lanjut PhD beritahu saya ya..."

Waktu itu, reaksi balik saya cuma nyengir . Dalam hatiku bilang, iiihhh Bapak deh... kita berencana mo hijrah karena menikah malah digoda untuk sekolah lagi! Hee hee... Niat untuk lanjut sekolah lagi memang selalu ada "bara"nya... tapi karena berumahtangga merupakan hal yang sangat sangat baru bagiku ditambah lagi penyesuaian dengan situasi dan kondisi di negara baru yang akhirnya jadi "rumahku", "bara" itu jadi agak mendingin (tapi ndak sampe' padam, 'gaaang!!! ). Belakangan setelah beberapa bulan di sini, dan sempat melihat secara langsung DAS dan estuari terbesar di dunia yang dimaksud Pak Dadang itu, baru saya sadari kalo ternyata memang betul apa kata beliau... it's really tempting! sangat menggoda iman!!! Well, nanti dulu deh... ini saya lagi menikmati betul jadi ibu rumah tangga (insya Allah tidak lama lagi jadi Ibunda). Sekolah (dan juga kerja) nanti saja dilanjut kalo anak(-anak)ku sudah bisa mandiri dan ikhlas ditinggal Bundanya kerja dan sekolah. David pun mendukung... anytime mo sekolah lagi doi mengikhlaskan, as long as you can manage your time, katanya .

Dan... sebagai seorang pemerhati dan (mantan) praktisi lingkungan, passion terhadap enviroment and more specific about marine resources management tidak pernah pudar. "Tinggal di rumah" tidak berarti tidak melakukan apa-apa bukan? Kemarin, kami "berhasil" mengganti plat mobil Virginia "ESPRSSO" dengan Maryland (hee hee... finally setelah begitu lama trus menunda... untung ndak sampe' kena denda dan pajak ). Dan sebagai wujud "passion" kami berdua terhadap lingkungan, plat baru kami itu di'embel-embeli' dengan gambar Chesapeake Bay dengan maskot kepiting biru alias blue crab dan blue heron yang penghuni khas teluk tersebut... hanya dengan menambah (alias menyumbang) 20 dollar yang diperuntukkan bagi upaya pendidikan dan restorasi teluk melalui Chesapeake Bay Trust.

Begini ini contoh licence plate baru kami... cuma "nomor"nya bukan "OUR BAY"



Chesapeake Bay (CB) atau Teluk Chesapeake menurut wikipedia adalah estuari (daerah muara sungai) terbesar di Amerika Serikat, meskipun dari beberapa sumber dikatakan bahwa Chesapeake bukan hanya terbesar di AS tapi juga di seluruh dunia. DAS Chesapeake Bay mencakup areal kurang lebih 64 ribu mil persegi; dan melewati enam negara bagian yang berada di pantai timur Amerika Serikat, yaitu: New York, Pennsylvania, Delaware, Maryland (ini nih negara bagian tempatku tinggal sekarang), Virginia, West Virginia, dan District of Columbia alias DC. Seperti halnya kawasan DAS di belahan bumi lainnya, CB bukannya tanpa masalah baik dari segi lingkungan maupun pengelolaan manajemennya. Untuk selengkapnya mengenai Chesapeake Bay dapat disimak di Chesapeake Bay Program - America's Premier Watershed Restoration Partnership.


Kapan tong di'... ada yang kayak begini: "Treasure the Jeneberang"... atau "Treasure the Saddang" ... Ah, terlalu banyak ma' ini bermimpi...

No comments: