Tuesday, January 02, 2007

Liburan "Temu Keluarga Besar" Kearns

Selama lebih dua tahun menikah dan hijrah ke US, baru kali ini saya (akhirnya) ketemu dengan keluarga besar Kearns dalam waktu dan tempat yang sama. Sedikit keterangan nih tentang keluarga suamiku. David bersaudara 4 orang, doi anak nomor 2. Yang tertua, Maura Kearns tinggal di Clarksville, MD (sekitar 30 menit dari rumah kita... tapi baru dua kali ketemu) dengan suami (Eric Ness) dan dua anak mereka (Gillian Ness dan Rory Ness). Yang ketiga, Liam Kearns tinggal di Cary (North Carolina) dengan istrinya Holli dan anak semata wayang mereka Wendy Marisol Kearns (Mari). Trus yang bungsu Katie tinggal di San Jose (California) dengan suaminya Scot dan dua anak mereka, Michael Darragh (Dar) Radowski dan Kassia Anne Radowski.

Ini ceritaku tentang liburan temu keluarga Kearns dari tanggal 26 s/d 31 Desember 2006.

Selasa dan Rabu, 26 dan 27 Desember

Tanggal 26 Desember, Mom dan Dad beserta Katie sekeluarga berangkat dari San Jose menuju east coast... sedangkan Liam sekeluarga berangkat tanggal 27 Desember dinihari dari Cary langsung menuju ke rumah kami di Rockville. Jadi deh... tanggal 27 hari itu mulai siang sampe' sore rumah kami yang biasanya lengang dan kosong jadi rame bukan main. Iman juga senang bukan kepalang bisa ketemu dengan grandpa dan grandma, aunties dan uncles serta sepupu-sepupunya dari NC dan CA. Sorenya, mereka 'cabut' kembali ke hotel di Silver Spring (mereka semua menginap di hotel yang sama, sekitar 25 menit dari rumah kami) dan kita janjian ketemu di rumah Maura di Clarksville, sedangkan Mom dan Dad berkunjung ke rumah Aunt Shirley.

Dinner at the Rocky RunMalamnya, kami ber-14 (Kearns bersaudara plus istri dan suami masing-masing dan 6 orang anak; Mom dan Dad masih di rumah Aunt Shirley) makan malam bareng di Rocky Run Restaurant di Columbia. Kebayang tidak... itu meja sampe' diatur sedemikian rupa biar semuanya bisa muat, hehehe. Habis makan, kami semua balik lagi ke rumah Maura dan ketemu Mom dan Dad di sana. Menjelang tengah malam baru kita nyampe' di rumah lagi. Whoooaaa!!! Capeknya! Tapi excited bukan main... jadi capeknya tertutupi. Sampe di rumah habis sholat kami langsung molor... apalagi besok kami harus bangun pagi-pagi dan tinggalkan rumah jam 8 menuju Baltimore National Aquarium! Perjalanan ke akuarium "makan waktu" sekitar 45 menit sampe' 1 jam... dan kami harus singgah untuk menjemput Katie, Dar dan Kassia karena Scot tidak akan ikut ke Baltimore.

Kamis, 28 Desember

Harbor Place from the National Aquarium in Baltimore Akhirnya setelah sekian lama selalu berniat mo mengunjungi tempat ini, saya bisa juga lihat National Aquarium in Baltimore! Kebetulan Holli dan Liam yang mentraktir membelikan tiket masuk sebagai hadiah liburan (holiday gift) buat kami sekeluarga, Maura sekeluarga, Katie beserta Dar dan Kassia (minus Scot yang ikutan Mom dan Dad ke rumah Aunt Shirley untuk bantu nge-pack barang berhubung Aunt Shirley bakal pindah akhir Januari nanti), serta kakaknya Holli - Tammy beserta suaminya Steve dan anak semata wayang mereka Matt (18 tahun). We had a blast... meskipun IMHO, dibandingkan dengan Monterey Bay Aquarium di Monterey (California), akuarium di Baltimore ini masih jauuuuh dan kalah menarik deh. Bahkan dibandingkan dengan MarineLand di Niagara Falls (Ontario, Canada) pun masih kalah jauh. Saya tidak sempat mengambil banyak foto di sini... soalnya selain hari itu sangat padat pengunjung. Serasa kita ke sana cuma bisa nonton orang dibandingkan dengan lihat aquarium... malah Holli berkomentar: this is not aquarium, it's humanirium! hahaha!!! Karena kondisinya seperti itu, instead of memperhatikan semua yang dipamerkan di sana, kita-kita malah sibuk mengawasi para bocah yang kadang tanpa ba-bi-bu main lari begitu saja kalo kita méléng sedikiiiiiit saja . Tante Yaty and Kassia Bayangkan deh, capeknya! Alhamdulillaah, si Junior sama sekali tidak rewel (ndak ada kontraksi sama sekali!!!) dan sesekali saya istirahat kalo dapat kursi untuk sekedar mengistirahatkan kaki yang pegal. Moga-moga ndak bengkak deh pergelangan kakiku kayak kemarin. Oh iya, satu-satunya atraksi yang bikin kita agak santai adalah waktu nonton pertunjukan lumba-lumba alias dolphin jam 11:30. It was ok... tapi anak-anak senangnya bukan main!

Pulangnya kami semua langsung ke rumah Maura. Nah, disini bener-bener deh kumpul. Mulai dari Mom and Dad, anak-anak beserta menantu serta cucu kumpul semua!!! Kami memesan Afghani kabob dan makan malam bersama. Sayangnya, pas semua kumpul dan Mom mo ngambil foto kita semua, semua pada sepakat untuk foto sekeluarganya besok aja kalo kita kumpul lagi. Yaaaah... ternyata ndak kesampaian deh .

Jumat, 29 Desember

Sepanjang pagi, kami habiskan bermalas-malasan tidur sampe' agak siang (bahkan David tidur sampe' menjelang tengah hari!!!). Hari ini kami memang tidak ikutan lunch bareng dengan yang lainnya di rumah Aunt Shirley di Lutherville karena waktunya kunjungan rutin dengan ob-gyn. Itupun alhamdulillaah, kami berhasil memajukan appointment dari jam 4 ke jam 2 siang. Artinya, bisa tepat waktu kumpul di rumah Uncle Peter Kearns-Aunt Jane di Ellicott City jam 5-6 petang nanti.

Finally bisa ketemu dengan yang adik-adiknya Dad: Uncle Pete dan Uncle Mike (tinggal di Morgantown, West Virginia) beserta isteri dan anak-anak mereka! They are sooooo nice!!! Super rame deh pokoknya... meskipun kebanyakan yang bikin rame ya The Kearns dari pihak kami . Maklum, selain memang kita-kita yang paling tua, cuma dari Kearns "kita" yang sudah sampe' bercucu. Cuma Scot dan Eric tidak bisa hadir karena mereka sakit. Dan sayangnya lagi, saya tidak sempat ngambil foto satu pun di sini... sibuk bersosialisasi, hehehe. It was a pizza night untuk keluarga Uncle Pete... jadinya kita makan pizza dan berbagai macam kue serta pie buatan Aunt Jane. I really enjoyed the evening...

Sabtu, 30 Desember

Pagi-pagi Liam, Mari, dan Holli balik ke rumah mereka di Cary. Dan kami? Sibuk pindahan. Pindah lagi??? Nah... No... Tidak. Pindahan disini maksudku memindahkan barang-barang (kebanyakan perabot/furnitures) hibah dari Aunt Shirley, karena apartemen barunya (yang akan beliau tempati akhir Januari nanti, insya Allah) tidak akan bisa memuat semua perabot yang memenuhi rumah 3 kamar dengan basement yang beliau tinggali sekarang. Alhasil, kami para ponakan dapat bagian masing-masing... dan karena kami yang tinggal paling dekat (dan paling membutuhkan perabot, hehehe... rumah kami memang masih rada "kosong" dengan perabotan) jadilah kami yang dapat yang agak "berat" alhamdulillaah! So, jam 10 lebih kami bertiga dan Dad menuju kantor U-Haul tempat penyewaan truk pindah, trus kami berdua langsung menuju rumah Aunt Shirley, sedangkan Iman dan Grandpa-nya menjemput Mom di Silver Spring untuk kemudian ke rumah Aunt Shirley juga. Sepanjang jalan, David rada ngomel karena keadaan truk yang crappy, hehehe. Ya mo gimana lagi... namanya juga truk sewaan .

at Aunt Shirley'sDi rumah Aunt Shirley, kami langsung sibuk kerja menge-pack serta mengangkut barang ke truk dibantu Mom, Dad dan juga Katie yang datang belakangan dengan Dar dan Kassia. Alhamdulillaah, truknya cukup mengangkut semua barang yang akan kami bawa ke Rockville dan sekitar jam setengah lima kami meninggalkan rumah Aunt Shirley karena truk sudah harus dikembalikan jam 6 petang. We had a great and fun time at Aunt Shirley's. Insya Allah, kami akan datang mengunjungi beliau lagi segera sebelum beliau pindah ke tempat barunya.

at our place in Rockville Tiba di rumah kami di Rockville, langsung kerja lagi menurunkan barang dari truk dan semuanya di'tumpuk' di ruang tamu. Setelah David kembali dari U-Haul untuk mengembalikan truk, kami berdelapan menuju resto Cheeburger Cheeburger di Fallsgrove. It was a really yummy dinner! Habis itu, balik lagi ke rumah... and spent the rest of night dengan Katie, Kassia dan Dar yang akan pulang kembali ke California besok. I definitely will miss them a lot!

Minggu, 31 Desember

Eid Mubarak! Hari ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban. Another Eid in America... Tapi kali ini meskipun saya dan David sudah merencanakan dengan baik, ternyata tidak seperti yang kami harapkan. Sejak minggu lalu, saya sudah mem-forward email dari rekan di IMAAM tentang tempat-tempat penyelenggaraan sholat Eid ke David... karena saya yakin tidak bisa ingat semua detail sendirian (thanks to the pregnancy's "amnesia"!!!).

Pagi-pagi kami semua sudah siap sedia ikut sholat Eid di Germantown (yang menurut GPSnya mobil sekitar 25 menit dari rumah). Yang saya ingat betul jam penyelenggaraannya adalah jam 10 pagi. Ternyata... sampe' di sana... orang-orang malah sudah pada keluar dari ruangan tempat sholat menuju ke mobil masing-masing. Setelah David menge-check kembali email yang saya kirim lewat HP-nya... ooohh... sholat eid-nya dimulai jam 9 dan bukannya jam 10!!! Langsung ma' rasanya mo maccilé. Sedih sekali rasanya.... kesempatan sholat Eid terbuang percuma. Jalan kembali menuju ke mobil, David tidak berhenti menghiburku. Sambil dengan gaya bercandanya mencoba untuk bilang berulang kali (dengan bahasa Indonesia yang patah-patah... tapi jadi lucu kedengarannya): "nasi sudah jadi bubur" dan tidak ada yang perlu disesalkan. Kami kemudian brunch di Crepes ago-go di Kentlands... bisa ma' tersenyum sedikit... meski rasanya tetap saja sedih. Idul Adha tahun ini judulnya: TAKKéS!!!

Anyway, hari terakhir di tahun 2006... hari terakhir pula sebelum Mom dan Dad -- "rombongan" terakhir -- bakal balik kembali ke west coast (California) besok siang. New Year's Eve dinner at Mamma Lucia Malamnya, malam tahun baru, new year's eve kami berlima makan malam di restoran Italia Mamma Lucia di Fallsgrove. Sedih juga... setelah setahun tidak bertemu harus pisah lagi. Tapi Mom dan Dad janji akan balik lagi ke sini mengunjungi kami kalo si Junior sudah/akan lahir. Artinya sekitar 1 bulan lagi kami akan ketemu lagi dengan mereka. Yay!!!

Liburan temu keluarga besar Kearns berakhir sejalan dengan berakhirnya tahun 2006. Entah kapan lagi bisa kumpul seperti ini... mengingat kesibukan tiap anggota keluarga dan sulitnya mencari waktu dimana semua available.

Jadi ingat dengan keluarga besarku, keluarga besar Muhammad Yasir Baeda di Makassar. Terakhir kami bisa kumpul dan foto lengkap bareng tahun 1997. Pada saat resepsi pernikahanku dengan David tahun 2004 lalu, kami sempat berfoto bersama... lengkap 6 orang saya bersaudara karena Kak Ina sempat bikin surprise datang dari Adelaide tanpa pemberitahuan sebelumnya... tapi tanpa Kak Khae dan anak-anaknya (Imma, Lala, dan Oni). Insya Allah, rencana tahun depan akhir Ramadhan dan lebaran Idul Fitri, saya, David dan si kecil Junior kami akan mudik ke Makassar. Besar sekali harapanku bisa kumpul semua... tapi berita terakhir dengar dari Ibu kalo adikku Kolé (akan) dapat beasiswa untuk melanjutkan PhD-nya ke luar negeri pada saat yang bersamaan. Aduh... jadi kapan dong bisa kumpul semua? Heh, only Allah knows...

Ok deh... begitu mi ceritaku yang super panjang tentang liburan temu keluarga suami. Foto-foto lengkapnya bisa dilihat DI SINI.

This holiday was really great! How was yours?

4 comments:

Yati said...

serunya gang....kumpul2

tapi...nda sholat ki? saya juga...bukan karena takkes...tapi takut ka sedih nda ada org yg bisa disalam2i abis sholat, nda ada yg kenal ki

Anonymous said...

waaaahhhh...senangku' liat kekompakan keluargata'...

alangkah beruntungnya...(sirik mode ON)

Yaty Yasir said...

Yati --> iyo seru sekali! Ndak tau kapan bisa kumpul kayak begini lagi.
Mo sholat eid di mana lagi? Ada tempat sholat alternatif tapi waktunya mepet dan ndak bakalan bisa sampe' di sana tepat waktu. Betul-betul judulnya "takkés"! :(

Yaty Yasir said...

Anonymous --> waaaaaah... ini siapa blah? Iye' saya beruntung dapat keluarga in-laws yang baek dan akrab. Mereka juga sangat sangat menghormati perbedaan di antara kami (agama, kepercayaan, dsb). Malah kalo HP-nya David mengumandangkan adzan, semua pada berseru: "hey, it's time to pray!", hehehe