Friday, May 05, 2006

Seputar blog (lagi)

Sejak kenal yang namanya blog dan punya 'jaringan' karenanya (hehehe... pake' bahasa Indonesia yang baik dan benar... Pak Yus Badudu kapang?!), setiap kali browsing internet, saya pasti cek satu-satu blog teman-teman yang ada di link-ku. Nassami ndak mo ka' iya ketinggalan berita... apalagi selalu menyenangkan membaca tulisan mereka dengan gaya (style) dan corak yang unik antara satu dengan yang lainnya. Karena komputerku saya "boyong" ke living room di depan tv (sampe' David bilang, kalo area living room di pojok kanan couch itu "yaty's working spot", hehe. Meja di kamar itu mo diapakan ya?), kadang si Daeng ikutan ngintip aktivitasku kalo ngecék blogsnya teman-teman (kadang juga kasih komen :) ). Trus, doi bilang... knapa capek-capek buka satu-satu padahal belum tentu yang saya buka itu sudah di-update? Heh, betul juga di'?!

Lama mi sebenarnya David menyarankan untuk pake' fasilitas Bloglines.com untuk memudahkan me"lacak" update dari website/blogs yang aktif saya buka. Jadi ingat dengan Lina Wuysang waktu awal-awal saya pake' Friendster. Dia rada panik waktu itu karena setiap kali update blognya di FS, semua teman yang ada dalam list-nya dapat email tentang itu. Jadi kalo 5 kali di-update dalam sehari ya... setiap teman dapat 5 email "pemberitahuan" juga. Ndak heran kalo ada beberapa temannya yang 'protes'. Repot memang tawwa! Hal yang sama juga dikeluhkan Adink yang malah sampe' men-delete friends list-nya supaya tidak merepotkan teman-temannya kalo blog-nya dia update.

Sebenarnya Friendster sejak dahulu kala (hehehe) sudah kasih pilihan... kalo tidak salah di "Account Settings". Cuma karena sudah di-setting dari sana, "default"nya itu Receive Friend Updates: YES (padahal kalo mo terbebas dari email dari FS, ya ganti ki pilihannya jadi NO), makanya setiap kali ada update pasti notification-nya juga dikirim ke kita via email. Sekarang FS sudah lebih bijak karena untuk melacak update temans yang ada di list sudah ada di Home: Friend Tracker.

Ternyata memang Bloglines ok punya! Saya ndak perlu lagi buka satu-satu website temans untuk lihat update-nya. Cuma memang dengan Bloglines (dan "providers" lainnya yang berfungsi serupa, untuk men-track website's updates) requires RSS feed ('Mran, baca maki' ini eh... lengkapmi itu dengan sejarahnya sekalian, hehehehe). Di Bloglines, kalo tidak tahu RSS websites (termasuk weblogs and podcasting) yang akan kita 'daftar', tidak jadi masalah karena Bloglines secara otomatis bisa mendeteksi atau mencari RSS dari website tersebut. Pengalamanku, semua blogs teman yang di FS maupun blogspot (blogger) langsung terdeteksi RSS feed-nya oleh Bloglines. But I do have some problems waktu mo add blogsnya Imran dan Rara yang sama sekali tidak terdeteksi RSS-nya. Saya ksi bunyi tanda emergency pake' teriak HEEEEEEEEEEEEELP!!!! ke David, hehehe. Itu tongmi enaknya punya "computer helpdesk" yang siap 24 jam 7 hari seminggu, hahahaha! Akhirnya dapat 'kuliah' tentang cara dapat RSS feed websites yang tidak terdeteksi. Pretty much dia ksi liatka' cara meng-hack (hacker kapang?!) lewat Ponyfish RSS Feed Builder. Wow! It's pretty cool!!! Hehehehe... untuk orang awam komputer dan betul-betul cuma pemakai kayak saya, 'kuliah' dari my personal helpdesk (wuhuuuyyy!) yang programmer cukup bikin otakku yang sudah mulai karatan jadi terasah lagi *wink*. So, sekarang bisa ma' bacaki blogs-nya Rara dan Imran lewat Bloglines... Yay!!!

Weh, ternyata bisa panjang juga kalo nulis tentang blog di'?! Better stop now sebelum para pembaca yang terhormat protes teriak: "Sudah mo kodooooooooooong!!!". Sama ji di darat, kalo sudah bicara susah berhentinya, hahahaha! Tapi percaya maki', kalo ketemu mi sama my young lady (Iman), saya tidak ada apa-apanya *wink*. Kalo dia sudah bicara, persismi kayak kran bocor (hahaha!) dan Baba-nya langsung bilang: "Iman, you know that thing...", dan cukup stop disitu tanpa kalimat lanjutan, Iman pasti menjawab: "yeah, yeah... I know, I know". Dia tahu, itu tandanya dia ngomong tanpa kontrol dan harus stop, hehehehe.


Eh iyo, last thing... I want to let you know that I really like blogspot... it's awesome! Coba bandingkan dengan FS yang banyak sekali iklannya dan sudah mulai mi annoying. Moga-moga blogspot/blogger tetap tanpa iklan (Hello Google! Please keep it that way... puhleeeze?). Saya juga sudah minta tolong (again, hehehe) David untuk jadikan blog di blogspot (or blogger) ini jadi default untuk yatyasir dot com... pretty cool, eh?

Oh well... enough for now :). But I can guarantee (insya Allah) that I'll write "seputar blog (lagi... and lagi)" later. Just don't get bored, ok? Hehehehe... 'maksa-nya di?! Ndak tahu mi juga deeeeeeeeeeeeeh??!! :D

4 comments:

'karaeng' said...

yeehaa..
2 kali tawwa na sebut blogku..
thx zenior ;)
..
misua ternyata programmer handaldi'.. eh kalo ada samo tanya lwt kita' mo nah :)

rara said...

ada namaku! ada namaku!
eh kenal adink ama lina wuysang juga??

Yaty said...

Pro Rara: hehehehe... iyé'... ada namata' De'!
Kenal Lina waktu di Bali, tapi saya bersahabat baik dengan kakaknya (Budi Wuysang) yang temanku sejak SMA. Klo Adink... sama-sama orang Sidrap, hehe... sikampokku! ;)

rara said...

wiiiii..
yaty orang sidrap juga?
kenal sama adink jangan2 kenal juga sama sahabatku di FKG selama ini. orang sidrap juga, panggilannya Bati. ada juga blognya itu di http://blogpunyabati.blogs.friendster.com/batibati_q_nah/

Lina Wuysang adalah teman onlineku yang pertama.. Tanya mi dia :D

hehehe...
the world is so small!